Rocky Pejantan Muda Yang Siap Membantu Rambo Meningkatkan Populasi Anoa di Anoa Breeding Centre Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 22 Januari 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK Manado (Manado, Januari 2019)_Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Penelitian dan Pengembagan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado melakukan penanganan satwa anoa untuk pengukuran morfologi, pemasangan transponder (microchip), dan pemasangan tecnovit pada tanduk anoa (18/01). Saat ini, ABC Manado telah memiliki 10 ekor anoa, dimana 6 ekor (2 jantan : 4 betina) diantaranya telah masuk dalam kategori dewasa kelamin dan telah siap untuk dikawinkan.

Rahma Suryaningsih, S.Hut, peneliti sekaligus Manager ABC Manado menjelaskan bahwa penanganan satwa anoa kali ini dilakukan pada Rocky. Rocky merupakan anoa jantan dewasa di ABC Manado selain Rambo. Rocky dipasangkan dengan anoa betina, Rita. Diperkirakan kedua umur anoa tersebut hampir sama sehingga ketika dikawinkan akan lebih mudah. Untuk memudahkan proses penanganan, dilakukan metode pembiusan pada Rocky untuk untuk mengurangi pergerakannya saat dilakukan beberapa tindakan yang membutuhkan waktu yang lama dan juga menghindari resiko terluka baik untuk anoa itu sendiri dan Tim ABC Manado.

Kegiatan pengukuran morfologi anoa merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Tim ABC dengan tujuan untuk menyediakan data morfologi masing-masing individu anoa yang berada di penangkaran ABC Manado. “Pengukuran morfologi meliputi ukuran panjang dan berat, serta beberapa bagian tubuh penting lainnya. Pengukuran ini sangat penting untuk dilakukan agar diketahui kisaran ukuran dari satwa anoa dalam setiap fase pertumbuhannya sehingga kita dapat mengetahui dan memahami secara jelas dan tepat tentang anoa”, kata Rahma. Sebagai contoh, dari hasil pengukuran morfologi dapat diketahui berat badan anoa sehingga data tersebut menjadi acuan bagi Tim ABC Manado untuk mengetahui berapa bobot pakan yang akan diberikan setiap harinya kepada anoa.

Pengukuran morfologi Rocky yang dilakukan meliputi pengukuran panjang badan, berat badan, dan bagian-bagian tubuh penting lainnya seperti panjang tanduk, diameter tanduk, panjang ekor, dan sebagainya. Adanya data morfologi Rocky yang saat ini berumur ± 6,5 tahun akan memberikan informasi perkembangan dalam setiap fase pertumbuhannya.

Peneliti anoa dari BP2LHK Manado, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc atau yang akrab dipanggil Arin menyebutkan bahwa anoa Rocky juga dipasangkan transponder (microchip) dengan cara disuntikkan pada bagian kulitnya. “Pemasangan transponder ini sangat berguna memudahkan dalam identifikasi anoa di ABC Manado jika nanti kedepannya ABC kembali berhasil dalam menambah populasi anoa, karena transponder memuat informasi dan data memiliki kode nomor atau id tersendiri”, ungkap Arin. Transponder juga akan dipasang pada beberapa anoa di ABC Manado yang belum memiliki transponder. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh Tim ABC beserta dokter hewan ABC Manado, yaitu drh. Adven T.A.J Simamora.

“Selain itu, Tim ABC Manado juga melakukan pemasangan tecnovit pada tanduk anoa Rocky untuk melapisi ujung tanduk yang tajam. Pemasangan tecnovit akan dilakukan pada semua tanduk anoa terutama anoa dewasa sehingga dapat meminimalkan resiko terluka, baik pada saat proses perkawinan anoa itu sendiri, penanganan anoa yang memerlukan handling dari Tim ABC Manado, serta menjaga keamanan dari keeper yang setiap hari berinteraksi langsung dengan anoa didalam kandang saat melakukan pembersihan kandang”, tambah Arin.

Harapan kedepan, anoa Rocky sudah bisa berperan dalam peningkatan populasi anoa dimana saat ini peran tersebut baru dijalani oleh anoa dewasa Rambo yang menjadi pejantan bagi anoa betina dewasa di ABC Manado, seperti Denok, Manis serta Ana yang telah dapat melahirkan 3 individu baru di ABC Manado. Dukungan dari mitra/stakeholders ABC Manado seperti PT. Cargill Indonesia-Amurang, PT. JRBM, PT. MSM-TTN, BKSDA Sulawesi Utara dan lainnya sangat penting dalam keberhasilan konservasi anoa ini.**(RS&AS)

 Dokumentasi                     : M. Farid & Rinto Hidayat

Artikel terkait             :

Konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea Menarik Perhatian Dalam dan Luar Negeri

BP2LHK Manado Gandeng Tim Pakar Unsrat dan Mitra Kerjasama Bahas Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan

BP2LHK Manado Raih Binaan Pusat Unggulan IPTEK

“Anoa Goes to School” Kolaborasi untuk Sukseskan Pendidikan Konservasi Sejak Dini

Presentasikan Hasil Studi, Dua Pegawai BP2LHK Manado Diapresiasi Para Pihak

Perhatian untuk Konservasi Anoa di ABC BP2LHK Manado Terus Mengalir dari Berbagai Kalangan

Berkunjung ke BP2LHK Manado, Komisi IV DPR RI Apresiasi Kelahiran Anoa dan Dukung Upaya Konservasinya

Sampaikan Hasil Penelitian di Seminar Nasional, BP2LHK Manado dan SEAMEO BIOTROP Dukung Nawacita Sektor Kehutanan

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 627