Teliti Limbah Pertanian untuk Budidaya Jamur Tiram, Peneliti BP2LHK Manado Raih Predikat Poster peringkat ketiga terbaik dalam ajang 5th NBISC di Copenhagen, Denmark

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Minggu, 07 April 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, April 2019), Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado kembali mendapatkan penghargaan bertaraf internasional. Kali ini Peneliti BP2LHK Manado, Margaretta Christita kembali meraih penghargaan sebagai Poster peringkat Ketiga terbaik dalam ajang 5th Nordic Baltic Indonesia Scholarship Conference (NBISC) di Copenhagen, Denmark. NBISC merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia Kawasan/Regional Nordic - Baltic.

Margaretta Christita, peneliti BP2LHK Manado yang saat ini sedang dalam tugas belajar S3 di University of Helsinki, Finlandia menyajikan poster dengan judul “Agricultural Waste for Oyster Mushrooms Cultivation A Small Step for Local Food Resilience and Environmental Sustainability through Women Community Empowerment ” yang merupakan program penelitian dan pengembangan yang dilakukan di BP2LHK Manado.

Penelitian yang dipresentasikan dalam poster ini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh BP2LHK Manado untuk mengurangi limbah kelapa di Indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Utara dengan mengolah serat kelapa sebagai media tanam jamur tiram putih dengan melibatkan komunitas perempuan melalui lokakarya, pelatihan dan bimbingan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui pekerjaan yang produktif dan juga mendukung kelestarian lingkungan karena akan mengurangi sampah dari limbah kelapa dan mengembangkan ketahanan pangan lokal.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh salah satu penelitinya dan berharap bisa menjadi pelecut semangat peneliti lain untuk berprestasi. ”Saya selaku Kepala Balai sangat mengapresiasi pencapaian sdri. Margaretta ini dan saya mengharapkan peneliti-peneliti lain di Badan Litbang dan Inovasi, khususnya BP2LHK Manado untuk lebih semangat dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Dodi.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Margaretta setelah pada tahun 2018 lalu poster berjudul “The Lowland Anoa (Bubalus depressicornis) Breeding Management in Anoa Breeding Centre Manado, North Sulawesi, Indonesia” meraih penghargaan sebagai Poster Terbaik dalam ajang 4th NBISC di Tartu, Estonia.

Tahun 2019 kegiatan NBISC ke-5 diselenggarakan pada 16 Maret 2019 di Copenhagen, Denmark dengan mengusung tema "Towards achieving a Sustainable Future through Sustainable Development Goals (SDG)”.  Konferensi ini dihadiri oleh perwakilan pelajar internasional dan pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di negara Swedia, Finlandia, Estonia, Denmark, dan Norwegia.***(MC)

 Dokumentasi               : Margaretta Christita

 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 263