Peringati Hari Bumi, Momentum BP2LHK Manado untuk Lebih Meningkatkan Peran Dalam Kelestarian Alam Melalui Dukungan Iptek

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 23 April 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 23 April 2019) Peringatan Hari Bumi (Earth Day) sejatinya menjadi momentum penting semua pihak untuk kembali sejenak merenungi dan bertindak bagi kelestarian bumi dengan segala sumberdaya yang ada didalamnya. Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado sebagai bagian dari instansi riset yang konsen terhadap lingkungan hidup dan kehutanan yang notabene sangat erat dengan kelestarian bumi, memanfaatkan momentum ini dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan untuk memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2019 yang diinisiasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara di Taman Wisata Alam Batuputih, Kota Bitung.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara Ir. Noel Layuk Allo, M.M. dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya peran berbagai pihak dalam upaya konservasi flora fauna dengan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Di tempat yang sama Sekretaris Kota Bitung, Dr. Audy Pangemanan memberikan apresiasi yang tinggi kepada BKSDA Sulawesi Utara yang telah menginisiasi kegiatan ini sekaligus mengingatkan betapa pentingnya menjaga lingkungan. “Kita selalu mengingatkan betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar sebagai bentuk nyata peran serta masyarakat untuk merawat bumi sebagai tempat tinggal kita sebagai manusia,” kata Audy.

Lebih lanjut Audy menambahkan bahwa salah satu implementasi kepedulian terhadap lingkungan dilakukan oleh Pemerintah Kota Bitung melalui Program Go Green Less Plastic, yaitu himbauan pengurangan penggunaan kemasan plastik sekali pakai pada setiap acara yang dihadiri oleh Pemerintah Kota Bitung.

Kegiatan yang bertajuk “Rawat Bumi” ini juga dihadiri oleh Pemerintah Kota Bitung, UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup Provinsi Sulawesi Utara, para mitra BKSDA yaitu Yayasan Selamatkan Yaki Indonesia, Macaca Nigra Project, PPS Tasikoki, EPASS Tangkoko, Yayasan IDEP Selaras, WCS-IP Sulawesi dan para penggiat lingkungan dan masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan rangkaian kegiatan yaitu pelepasliaran 2 (dua) ekor kuskus beruang (Ailurops ursinus) dan 1 (satu) ekor kuskus tembung (Strigocuscus celebensis) oleh Sekretaris Kota Bitung, Kepala BSDA Sulut dan Kepala Seksi Wilayah 1 Bitung BKSDA Sulut. Ketiga ekor kuskus tersebut merupakan hasil sitaan dan penyerahan sukarela dari masyarakat kepada BKSDA Sulawesi Utara  yang dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasliaran tukik/penyu sebanyak 150 (seratus lima puluh) ekor di Pantai Pareng TWA Batuputih, penanaman pohon sebanyak 200 (dua ratus) bibit pohon di areal Camping Ground TWA Batuputih serta aksi bersih sampah di TWA Batuputih yang dilakukan oleh peserta peringatan Hari Bumi 2019.

Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Cahyo Riyadi, S.Hut, MAP, M.Agr.Sc yang mewakili BP2LHK Manado dalam kegiatan ini mengatakan bahwa TWA Batuputih adalah salah satu kawasan konservasi yang dikelola oleh BKSDA Sulawesi Utara yang didalamnya terdapat beberapa jenis satwa endemik Sulawesi antara lain tarsius, yaki, dan disinyalir masih ada anoa dalam Kawasan tersebut. “Adanya satwa endemik Sulawesi di TWA Batuputih tentunya dapat menjadi perhatian BP2LHK Manado untuk lebih berperan menjaga kelestariannya melalui kegiatan riset dan pengembangan yang sejalan dengan komitmen balai untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek Konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea,” ujar Cahyo.

Kiprah BP2LHK Manado di wilayah kerjanya yaitu provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara melalui dukungan iptek tentumya sangat diperlukan sehingga dapat mendukung pembangunan khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang sangat berkaitan dengan kelestarian alam dan bumi.***(CR7)

 

Dokumentasi               : Cahyo Riyadi, Harwiyaddin Kama dan Tim BKSDA Sulut

 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 110