Tumbuhkan Rasa Kepedulian Anak dalam melestarikan Lingkungan Hidup, Cambridge Child Development Centre lakukan Observation and Visit Study ke BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Rabu, 15 Mei 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 13 Mei 2019)“Observation and Visit Study tema inilah yang diangkat oleh Cambridge Child Development Centre Manado pada saat melakukan kegiatan luar sekolah (Field trip)  ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado Jum’at (13/05/2019).

Ibu guru Lady dari Cambridge Child Development Centre Manado mengatakan bahwa kegiatan Observation and Visit Study ini dilakukan dengan membawa anak-anak melihat, merasakan dan mengalami secara langsung hal-hal yang perlu mereka ketahui di luar sekolah, salah satunya mengenal alam lebih dekat.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memeperkenalkan alam sekitar, menumbuhkan rasa kepedulian anak untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta melakukan observasi mengenai jenis-jenis tanaman dan hewan yang harus dilindungi dan dilestarikan,” kata Lady. Lebih lanjut Lady juga menambahkan bahwa pemilihan tempat untuk kunjungan lapangan yang bertempat di BP2LHK Manado karena dapat merepresentasikan tema dari kegitan.

Kepala  BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang menerima kedatangan anak-anak dari  Cambridge Child Development Centre Manado ini menyambut baik kunjungan ini dan mengucapkan selamat datang BP2LHK Manado. ”Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini, semoga banyak pengalaman yang menyenangkan dan berharga dari kunjungan ini,” ujar Dodi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu aksi BP2LHK Manado menanamkan kecintaan biodiversitas tropis Indonesia kepada generasi muda sebagai bagian dari Rencana AKsi Bela Negara Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK”, tambah Dodi.

Selain melihat video tentang Konservasi Anoa, dalam kunjungannya anak-anak dari Cambridge Child Development Centre Manado ini juga melihat langsung anoa yang ada Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado serta pengenalan tumbuh-tumbuhan di arboretum dan pembibitan tanaman yang diwakili oleh peneliti BP2LHK Manado Jafred Halawane, S.Hut, M.Sc. dkk.

Setelah mendengarkan materi, peserta diajak berkeliling melihat dari dekat anoa di ABC yang merupakan kerjasama dengan BKSDA Sulawesi Utara dan mitra ABC, serta diakhiri dengan praktek menanam di Persemaian Permanen kerjasama BP2LHK Manado dengan BPDASHL Tondano. Diharapkan kunjungan semacam ini dapat menambah pengetahuan kepada anak-anak tentang manfaat hutan dan beserta isinya dan menanamkan pemahaman tentang konservasi sejak dini sehingga di masa depan mereka dapat menjaga dan melestarikan alam untuk kehidupan yang lebih baik. ***(Muhammad Farid)

Dokumentasi               : Muhammad Farid

 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 184