Menuju Pranata Litbang Terakreditasi, Tim KNAPPP Kemenristek-Dikti lakukan Asesmen Reakreditasi di BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Senin, 01 Juli 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK Manado (Manado, 27/06/2019) Seiring dengan akan berakhirnya masa berlaku sertifikat akreditasi KNAPPP pada bulan Nopember tahun 2019 ini, diselenggarakan Assesmen Reakreditasi di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado oleh tim dari Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) Kemenristek-Dikti pada tanggal 27-28 Juni 2019.

Assesor dari KNAPPP terdiri dari Ketua Assesor Rosmawaty Peranginangin dan anggota Dr. Gayuh Rahayu serta didampingi staff dari sekretariat KNAPPP Kemenristek-Dikti. Rosmawaty Peranginangin ketua assesor akreditasi KNAPPP, mengatakan ruang lingkup kegiatan penelitian perlu disesuaikan sesuai dengan pedoman KNAPPP 02:2017. Selain itu Rosmawaty juga menambahkan sasaran mutu tahunan perlu direspon didalam panduan mutu, bisa terukur sehingga bisa terlihat peningkatan yang berkelanjutan.

Sementara itu Galuh E. Palupi Kasubdit Penjaminan Mutu dan Penilaian Kinerja, Direktorat Jendral Kelembagaan Kemenristekdikti selakuk perwakilan Sekretariat KNAPPP menyampaikan apresiasi kepada BP2LHK Manado yang telah mendapatkan akreditasi KNAPPP sebelum ditetapkan sebagai lembaga yang dibina menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI). “Raihan yang dicapai BP2LHK Manado sangat membanggakan ya karena memang seharusnya Pranata litbang mendapatkan akreditas KNAPPP terlebih dahulu sebelum mendapatkan PUI”. Kata Galuh.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa BP2LHK Manado menyambut baik assesmen reakreditasi ini dan berharap akreditasi KNAPPP bisa dipertahankan. “Semoga assesmen reakreditasi ini bisa dilaksanakan dengan baik sehingga tahun 2019 ini akreditasi bisa dipertahankan oleh BP2LHK Manado,” ungkap Dodi.

Secara garis besar terdapat 8 klausul persyaratan akreditasi KNAPPP yang harus dipenuhi yaitu Organisasi dan lingkup kegiatan, Kepemimpinan Strategi Organisasi, Pengukuran Kinerja, Proses dan Manajemen, Manajemen Kekayaan Intelektual, Manajemen Pelanggan dan Pemangku Kepentingan, dan Manajemen Kompetensi.

Pada penutupan hasil dari Re-Akreditasi ini, Ketua Assesor Rosmawaty Peranginangin  menyampaikan beberapa ketidaksesuaian yang harus diperbaiki oleh BP2LHK Manado dan Ir. Dodi Garnadi, M.Si selaku Kepala BP2LHK Manado menyampaikan akan memenuhi ketentuan dan menindaklanjuti ketidaksesuaian yang disarankan oleh assesor KNAPPP untuk diusulkan kembali menjadi pranata litbang yang terakreditasi KNAPPP oleh Kemenristekdikti.***(Muhammad Farid).

 

Dokumentasi  :   Muhammad Farid

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 206